Istilah-Istilah Dalam Sistem Operasi
1. Accounting adalah merekam
kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber daya (keadilan atau kebijaksanaan).
2. Address adalah alamat (istilah
komputer dalam penunjukkan lokasi).
3. Address space merupakan
rentang alamat diskrit, masing-masing yang mungkin sesuai untuk suatu host
jaringan, perangkat periferal, sektor disk, sebuah sel memori atau entitas
logis atau fisik lainnya.
4. Administrator adalah seorang
administrator bertugas untuk mengelola hal-hal yang berhubungan dengan
komputer.
5. Algoritma merupakan kumpulan
perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat
diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.
6. Algoritma FCFS. algoritma
sederhana dimana proses yang datang duluan maka dia yang dieksekusi pertama
kalinya.
7. Algoritma Round Robin (RR)
dirancang untuk sistem time sharing. Algoritma ini mirip dengan penjadual FCFS,
namun preemption ditambahkan untuk switch antara proses. Antrian ready
diperlakukan atau dianggap sebagai antrian sirkular. CPU menglilingi antrian
ready dan mengalokasikan masing-masing proses untuk interval waktu tertentu
sampai satu time slice/ quantum.
8. Algoritma SJF yaitu algoritma
penjadualan CPU dimana proses yang paling pendek dieksekusi terlebih dahulu.
9. Algortima penjadualan adalah
pemilihan proses dari antrian ready untuk dapat dieksekusi.
10. Application code merupakan
kode ditulis secara khusus untuk sebuah aplikasi yang dibuat dalam bahasa
seperti Java.
11. Asynchronous adalah Proses
komunikasi data yang tidak terikat dengan waktu tetap, proses transformasi data
kecepatannya cukup relatif dan tidak tetap.
12. Attachment merupakan berkas
(file) yang dikirim bersama-sama dengan surat elektronik (email atau surel).
13. Backup adalah menyalin
beberapa file ke dalam medium kedua yang berbentuk disk atau kaset untuk
pengamanan jika terjadi kegagalan pada medium pertama, atau bisa dikatakan
sebuah pengganti atau alteratif.
14. Bad blocks adalah satu/lebih
sektor yang rusak pada suatu disk. Pada disk sederhana, bad blocks diatasi
secara manual.
15. Bandwith adalah kuran yang
diberikan ISP ( Internet Service Provider), seberapa lebar spectrum yang
dihantarkan sesuai lebarnya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data.
16. Binary merupakan penomoran
yang berbasis dua misalnya menggunakan angka nol dan satu, atau on dan off.
Data ini merupakan inti dari instruksi-instruksi mesin komputer dan perangkat
berbasis digital lainnya.
17. Block merupakan Data fisik
yang berisikan bit atau byte secara kontinyu, dan berjumlah tetap dalam
sejumlah karakter atau record, dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di
dalam transmisi.
18. Block device adalah Suatu
perangkat, yang memindahkan informasi dalam bentuk blok.
19. Blocking (application) :
Ketika suatu aplikasi menggunakan sebuah blocking system call, eksekusi
aplikasi itu akan
diberhentikan untuk sementara.
aplikasi tersebut akan dipindahkan ke wait queue. Dan setelah system
call tersebut selesai, aplikasi
tersebut dikembalikan ke run queue, sehingga pengeksekusian aplikasi
tersebut akan dilanjutkan.
20. Boot disk atau system disk
adalah disk yang memiliki partisi boot.
21. Bootstrap adalah program yang
sudah diinisialiasasi ketika pertama kali menjalankan komputer.
22. Booting istilah teknologi
informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada proses awal menyalakan
komputer dimana semua register prosesor disetting kosong, dan status
mikroprosesor/prosesor disetting reset. Kemudian address 0xFFFF diload di
segment code (code segment) dan instruksi yang terdapat pada alamat address
0xFFFF tersebut dieksekusi.
23. Box : Alat atau sebuah proses
yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui
apa yang terjadi di dalam.
24. Broadcast : Sebuah alamat
yang semua bagian bit host-nya adalah 0 mengacu ke jaringan, sedang alamat yang
semua bit host-nya adalah 1.
25. Buffer cache : suatu bagian
yang sangat penting dari sistem kernel, menjaga seluruh buffer tetap
diperbaharui, menyusutkan cache ketika dibutuhkan, membersihkan buffers yang
tidak dibutuhkan dan banyak lagi.
26. Bug : kesilapan program atau
kelakuan yang tidak mengikuti dokumentasi atau tidak mengikuti kehendak
program. Bisa juga disebut kesalahan program sengaja atau tidak sengaja.
Seringkali, fasilitas/kemampuan baru yang di perkenalkan membawa bugs baru ke
dalam program. Sejarahnya, isitilah ini datang dari masa kartu punch (punch
card), suatu bug (serangga) terperosok ke lubang punch card dan sebagai
akibatnya program mengalami gangguan. Ada Lovelace, yang menemukan ini,
menyatakan “it’s a bug!” (ini adalah serangga) dan sejak saat itu istilah ini
terus dipakai.
27. Burst mode : DMA mempunyai
dua metode yang berbeda dalam mentransfer data. Metode yang pertama adalah
metode yang sangat baku dan simple.
28. Bus merupakan Dasar dari
elemen perangkat keras yang terkandung pada I/O.
29. Busy : adalah ketika host
mengalami looping yaitu membaca status register secara terus-menerus sampai
status busy di-clear
30. Byte : delapan bit yang
berturutan, diterjemahkan di dalam bilangan basis dua (biner).
31. Calls : jembatan antara
proses dan sistem operasi.
32. Channel : Saluran untuk
mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan
peralatan lainnya.
33. Circular-scan adalah varian
dari algoritma SCAN yang sengaja didesain untuk menyediakan waktu tunggu yang
sama.
34. Client : program ataupun
komputer yang secara berkala tersambung ke program ataupun komputer lain untuk
memberikan atau meminta informasi.
35. Clock : Sistem terdistribusi
adalah sekumpulan prosesor yang tidak berbagi memori.
36. Command-ready : Langkah yang
ditentukan untuk device.
37. Compatible : Istilah untuk
menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat
yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer
IBM.
38. Compile : Program yang
menerjemahkan serangkaian perintah ke dalam bahasa mesin. Sekali program
dikompilasi, program tersebut dapat dijalankan sesering mungkin tanpa harus
mengulang proses kompilasi, kecuali jika terjadi perubahan pada program sumber.
39. Concurrency : Kemampuan
mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.
40. Connection : Suatu jenis
komunikasi antar unit dalam jaringan yang transmisinya dilakukan tanpa
pembentukan hubungan pendahuluan.
41. Context switch : Mengganti
CPU ke proses lain memerlukan penyimpanan suatu keadaan proses lama (state of
old process) dan kemudian beralih ke proses yang baru.
42. Controller : adalah alat-alat
elektronik yang berfungsi untuk mengoperasikan port, bus, dan device.
43. Core dump : tindakan default
saat sebuah proses menerima sinyal SIGPE (exception floating point).
44. CPU processing : dimana
sebuah CPU sedang memproses page file dan sistem pada suatu sistem operasi.
45. CPU utilization : kita ingin
menjaga CPU sesibuk mungkin. CPU utilization akan mempunyai range dari 0 ke 100 persen. Di sistem
yang sebenarnya seharusnya ia mempunyai range dari 40 persen sampai 90 persen.
46. Crash : Istilah untuk
menggambarkan sistem komputer yang tiba-tiba berhenti bekerja karena adanya
masalah dan harus di-boot ulang.
47. Datagram : Satuan untuk unit
informasi dalam Internet, biasanya unit-unit informasi membawa sejumlah data
sekaligus juga alamat asal dan alamat tujuan pengiriman.
48. Debug : Proses pencarian dan
pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali
dijalankan seperti yang diharapkan.
49. Default : Hasil penyetelan
tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
50. Directory : tempat
penyimpanan file-file secara terstruktur dan menampilkan file-file yang disimpang
didalamnya, atau di windows disebut dengan folder.
51. Disk : Piringan tipis yang
dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau
informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
52. Disk drive : Alat tambahan
yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan
menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses
informasi dari dalam disk.
53. DMA ( direct memory access) :
Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses
pengolahan data.
54. Download : Mengambil file
atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
55. Driver : Software yang
menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain,
misalnya mouse driver untuk mengendalikan mouse.
56. Encoding : Inode
merepresentasikan objek dasar dalam file sistem. Inode bisa saja file biasa,
direktori, simbolik link dan lain sebagainya. Virtual
file sistem tidak memiliki perbedaan yang jelas di antara objek, tetapi mengacu kepada
implementasi file sistem yang menyediakan
57. Entity : Unsur aktif dalam
salah satu lapisan protokol komunikasi model OSI. Orang, lokasi, konsep atau
kejadian yang direkam informasinya.
58. Entry : Data-data masukan
yang diberikan atau diketikkan ke dalam program melalui terminal selama
berlangsungnya proses eksekusi.
59. Error : Istilah untuk
menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan
hardware.
60. Ethernet : Suatu standar
perangkat keras LAN (Local Area Network), mengenai pengkabelan serta
spesifikasi transmisinya.
61. Exception : Teknik pembuatan
laporan yang hanya menampilkan item-item di luar kebiasaan, dengan tujuan
memudahkan pembacaan laporan. Hal ini lebih efisien daripada bentuk laporan
yang menampilkan semua item secara periodik.
62. Feature : fungsi atau
kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
63. File : File adalah sesuatu
yang dapat dibaca dan ditulis. File ditempatkan pada memori. Penempatan pada memori tersebut sesuai dengan
konsep file deskriptor yang dimiliki unix.
64. File sistem : File system
adalah kumpulan dari inode-inode dengan satu inode pembeda yaitu root. Inode
lainnya diakses mulai dari root inode dan
pencarian nama file untuk menuju ke inode lainnya.
65. Firewalling : Sebuah software
program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem
komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan
layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.
66. Flag : Bit memori tunggal
yang digunakan CPU untuk menahan track pada kondisi tertentu. Kebanyakan
komputer memiliki beberapa flag. Variabel dalam program juga digunakan sebagai
flag.
67. Gateway adalah sebuah
perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu
atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda
sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan
komputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi
gateway yang utama.
68. Hardware adalah semua bagian
fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang
beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
69. I/O adalah bagian dari sistem
mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan
dunia luar.
70. Input adalah unit luar yang
digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya
data yang berasal dari keyboard atau mouse.
71. Interface adalah sebuah
titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda bertemu; dia
juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata interface
kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi “i/f”.
72. Interrupt dalam teknologi
informasi merujuk kepada sebuah permintaan terhadap layanan dari CPU yang
dibuat baik secara eksternal oleh sebuah perangkat keras (sebagai contoh: oleh
disk drive, atau port I/O) atau secara internal oleh CPU itu sendiri.
73. Java adalah bahasa
pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon
genggam. Dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis tahun 1995. Java
berbeda dengan JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan
oleh web browser.
74. Kernel adalah suatu perangkat
lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani
bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
75. Layer : Lapisan (konsep)
dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas
beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
76. Library adalah koleksi dari
rutin-rutin program yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan perangkat
lunak. Pustaka, umumnya mengandung kode program dan data pembantu (banyak
programmer menyebutnya sebagai helper), yang menyediakan layanan-layanan kepada
program-program independen.
77. Login adalah proses untuk
mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata
sandi guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.
78. Magnetic disk merupakan
piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer
modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang
sangat tinggi. Ada sebuah read?write head yang ditempatkan di atas permukaan
piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih
terbagi lagi menjadi beberapa sektor.
79. Multi programming adalah
istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah
metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan
menggunakan sumberdaya CPU yang sama.
80. Network adalah Sekelompok
komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer
atau modem) dan data.
81. Networking adalah sebuah
sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang
bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
82. Node adalah satu istilah
dalam teknologi telepon genggam UMTS untuk menandakan suatu BTS (base
transceiver station, stasiun penerima untuk 3G, 3.5 G ataupun 4G) yang berbeda
dengan BTS untuk GSM.
83. Output adalah biasanya
digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data
yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada
layar monitor atau printer.
84. Page table : menandai bit
valid-tidak valid.
85. Partition : membagi disk
menjadi satu/ lebih silinder (partition), sehingga sistem operasi dapat
memperlakukannya sebagai disk yang terpisah.
86. Password adalah kumpulan
karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem
operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi
identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau
sistem tersebut.
87. Point to point adalah sebuah
protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area
network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada
lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons
terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet
Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para
kliennya.
88. Port merupakan mekanisme yang
mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan
komputer lainnya dan program di dalam jaringan. Port dapat mengidentifikasikan
aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP.
89. Printer adalah alat yang
menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik,
di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker
sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas.
Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang
disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas.
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh
pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau
cleaning pada print-head printer tersebut.
90. Prompt sebutan bagi tanda
kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk menerima
perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt
umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang
ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese
yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa # atau $.
91. Proses : urutan pelaksanaan
atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan
waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil.
92. Real-time adalah kondisi
pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang
dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas,
relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi.
93. Ready : Proses sedang
menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor.
94. Reboot : proses menghidupkan
kembali sistem operasi dan memuat ulang program-program yang telah ditutup.
95. Reload : memuat ulang suatu
program yang telah ada, atau sering juga disebut refresh.
96. Root : Istilah ini diadaptasi
dari sistem UNIX dimana seorang pengguna bisa memiliki hak pengendalian
terbatas pada sebuah sistem. Hacker menggunakan istilah ini untuk menggambarkan
kemampuan mereka dalam melancarkan serangan dan menguasai sistem korbannya.
97. Run : Instruksi sedang
dikerjakan.
98. Secondary storage : Data yang
disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh
karena itu, untuk meyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan
secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data.
99. Server adalah sebuah sistem
komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan
komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang
besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai
sistem operasi jaringan atau network operating system.
100. Shell : Program yang
mem-provide interface antar user dan sistem operasi. Pada Windows 95/98, shell
memaintain desktop atau graphical user interface.
101. Signal : Proses membangunkan
partner-nya yang sedang diblocked dengan signal pada variabel kondisi yang
sedang ditunggu partnernya.
102. Sinkronisasi : Komunikasi
antara proses membutuhkan place by calls untuk mengirim dan menerima data
primitive.
103. Sistem adalah suatu kesatuan
yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan
aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk
menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model
matematika seringkali bisa dibuat.
104. Sistem operasi adalah
perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap
kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang
digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan
browser web.
105. Software adalah istilah umum
untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program
komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis
oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
106. Source code atau kode program
adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu
program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula
ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku
atau media lainnya.
107. Terminate : Proses telah
selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.
108. Thread diartikan sebagai
sekumpulan perintah (instruksi) yang dapat dilaksanakan (dieksekusi) secara sejajar
dengan ulir lainnya, dengan menggunakan cara time slice (ketika satu CPU
melakukan perpindahan antara satu ulir ke ulir lainnya) atau multiprocess
(ketika ulir-ulir tersebut dilaksanakan oleh CPU yang berbeda dalam satu
sistem).
109. User merupakan pengguna
sebuah komputer yang pada sistem operasi dia jalankan.
110. Wait : Proses sedang
menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau
penerimaan sebuah tanda/ signal).
0 Komentar untuk "Istilah-Istilah Dalam Sistem Operasi"