Real Blog

Blog ini menginformasikan tentang kesehatan, internet, lirik lagu, dan info terbaru seputar aceh indonesia.

Analisa Website Vidio.com

Vidio.com

    Sedikit mengenai Vidio.com, ini adalah situs video terbesar di Indonesia  selain Youtube tentunya. Di Vidio.com kita bisa menonton video apa saja yang kita inginkan baik itu video berisi tentang hiburan, olahraga, berita, komedi atau lain sebagainya. Selain dapat menonton video-video yang sudah terupload (tidak langsung), kita juga bisa nonton siaran langsung (live) yang disiarkan langsung dari televisi swasta di Indonesia yang sudah direkomendasikan dengan Vidio.com. Sebelum menganalisa lebih jauh, ada baiknya kita ulas sedikit tentang Vidio.com .

    Vidio.com  ini diluncurkan sejak September 2014 dan dikelola oleh PT. Kreatif Media Karya, anak perusahaan dari Elang Mahkota Teknologi. Vidio.com didirikan oleh Adi Sariaatmadja,  yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal dan IndopayAdi Sariaatmaja juga kini menjadi CEO Vidio.com. Menurut dia, Vidio.com menampung dan menjadi wadah bagi semua karya kreatif tentang Indonesia, baik musik, seni, budaya, film, sport dan beragam karya video yang layak ditonton masyarakat.


Kecepatan akses 
    Saat pertama kali saya membuka situs Vidio.com, kecepatan loading untuk membuka webnya hanya memakan waktu beberapa detik saja. Saya menggunakan salah satu tools Google yaitu : https://developers.google.com/speed/pagespeed/ untuk mencoba mengetes kecepatan nya. Berikut hasil nya :
Kecepatan Versi Mobile




Kecepatan versi Desktop






    Dapat dilihat pada masing-masing gambar dari kedua versi tersebut bahwa untuk versi Mobile nilai yang dihasilkan : 65/100 hal ini sudah termasuk lumayan baik. Sedangkan untuk versi desktop : 78/100 , hal ini tentu saja jauh lebih cepat dan baik. Namun masih diperlukan perbaikan untuk meningkatkan kecepatan akses. 


Desain background dan iklan
    Saya sudah mengunjungi Vidio.com dan saat saya buka tidak saya jumpai atau terhalangi dengan iklan, bahkan dalam videonya pun belum pernah saya jumpai iklan seperti yang sering muncul saat kita nonton di Youtube. Kalau untuk backgroundnya memang tidak terlalu rame tapi tetap berwarna dari video-video yang ada pada situs Vidio.com.

Tampilan menu berita
    Untuk tampilan menurut saya sudah lumayan untuk situs web yang baru berusia kurang lebih 1 tahun ini. Tampilannya tidak langsung terpapar di bagian atas website, namun ada di pojok kiri atas dan akan muncul menunya sesudah di klik pada ikon menu tersebut. Di menu itu ada menu Login dan Register, Home, Categories, Live, Ranking, Contests, Recommended Users,  Recommended Collections, serta lambang Facebook dan Twitter untuk koneksi ke sosmed tersebut.



    Di bagian atas situs di samping kanan logo Vidio.com juga ada menu bar Explore yang bila kita dekatkan kursormaka akan otomatis menampilkan beberapa kategori dari video-vidoe yang ada di situs tersebut. Di sampingnya lagi ada form pencarian dan ikon tombol klik untuk Login dan Register.

Sajian bahasa dan analisa berita untuk penyampaian informasi

    Kalau untuk bahasa sih no komen karena ini kan situs untuk video bukan berita yang berisi banyak tulisan. Video yang ada di situs ini kebanyakan bersumber dari channel di suatu televisi. Ada musik, sinetron, olahraga dan sebagainya.

Kecepatan publikasi & keakuratan isi berita
    Karena ini situs penampungan video jadi sudah pasti beritanya bersifat video. Menurut saya video yang ada di situs ini sangat cepat update dan bahkan ada yang langsung bisa ditonton sesuai live siaran televisi. Contohnya di Indosiar yang menayangkan langsung kompetisi Dangdut Academy ASIA yang bisa ditonton langsung dari berbagai negara yang mengikuti kompetisi ini. Keren kan...?
    Berita (video) yang ada kebanyakan real tapi tidak semua faktual, namanya juga video pastinya selalu berhubungan dengan rekayasa dan editan.

Target pembaca
    Kalau dilihat dari video-video yang ada di Vidio.com sepertinya situs ini lebih ditargetkan kepada golongan remaja dan dewasa. Karena saya belum menemukan video anak-anak di situs ini, jadi situs ini tidak ditargetkan untuk semua golongan usia melainkan lebih kepada para remaja dan orang dewasa.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Analisa Website Vidio.com"

 
Copyright © 2015 Real Blog - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top